Teknik menulis artikel di blog


Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mulai menulis artikel di blog anda sendiri. Ini semua bertujuan untuk membuat artikel anda lebih seo friendly dan lebih SERP (Search Engine Result Page) di dalam hasil pencarian google. Dengan kata lain teknik menulis artikel blog ini bertujuan agar blog anda lebih mudah ditemukan dalam search engine google.

Penulisan artikel dengan memperhatikan beberapa aspek teknik penulisan di bawah ini mungkin akan lebih membantu artikel blog anda lebih cepat terindex dalam search engine google. Berikut ini adalah teknik menulis artikel di blog yang membuat artikel blog anda lebih seo friendly.

1. Penulisan judul artikel blog atau judul postingan blog anda.

Judul artikel blog anda adalah keyword atau kata kunci yang menjadi salah satu penentu blog anda lebih mudah ditemukan di search engine google. Judul artikel blog anda ini nantinya akan menjadi alamat url untuk halaman artikel blog anda tersebut. Jadi dalam penulisan judul artikel di blog anda ini, hendaknya cukup menggunakan 4 (empat) sampai 5 (lima) kata saja.

Usahakan judul artikel blog anda adalah kata kunci atau keyword yang kemungkinan akan diketik oleh pengguna internet nantinya di dalam browser mereka. Teknik penulisan judul artikel juga mempengaruhi posisi artikel anda nantinya dalam search engine. Gunakan ejaan bahasa yang baku saat menentukan judul dari artikel blog anda. Hindari menulis judul dengan singkatan kata yang tidak baku. Misalkan anda menulis judul blog "Cara membuat blog sendiri" dan bukan "Cra mmbuat blog sndr".

Cukup menggunakan 1 huruf kapital atau huruf besar (caps lock) di awal judul artikel anda. Hindari menulis judul artikel dengan menggunakan semua huruf besar atau caps lock. Penggunaan caps lock berpengaruh saat artikel anda di translate oleh google.

2. Penulisan paragraf saat menulis artikel.


Buat artikel anda dalam beberapa paragraf dan setiap paragraf terdiri dari 2 atau 3 kalimat. Artikel di blog akan tampak lebih baik dan lebih rapi jika artikel tersebut terdiri dari paragraf dan kalimat. Hindari menulis   artikel di blog dengan satu paragraf penuh. Membuat artikel dengan hanya satu paragraf yang penuh yang panjang selain berdampak pada kenyamanan membaca pengguna internet, juga akan mempengaruhi nilai serp dari artikel anda tersebut.

Disamping itu buatlah jeda antar paragraf satu enter untuk membedakan  setiap paragraf artikel anda. Jangan lupa untuk menggunakan ejaan bahasa yang baku dalam penulisan kalimat. Terlalu banyak penggunaan kata-kata tidak baku dalam artikel akan berpengaruh terhadap posisi blog anda dalam hasil pencarian mesin telusur google. Misalkan terlalu banyak memasukkan kata "bro" atau "yg" dalam suatu kalimat.

Seperti pada penulisan judul blog, isi dari artikel juga merupakan keyword atau kata kunci yang membuat blog anda lebih mudah ditemukan dalam search engine. Jadi buatlah blog anda lebih mudah ditemukan dengan menambahkan sebanyak mungkin kata kunci dalam artikel anda.

3. Penggunaan titik spasi antar kalimat artikel.


Penggunaan titik spasi antar kalimat di dalam artikel juga berperan penting agar blog anda lebih mudah ditemukan. Berikan jeda satu spasi saat akan mulai suatu kalimat yang baru. Hal ini untuk menghindari googlebot mengidentifikasi sebagai suatu link atau tautan. Dalam bahasa gaulnya untuk menghindari broken link yang terdapat dalam suatu blog.

4. Pemberian labels pada setiap artikel blog.


Jangan lupa untuk memberikan label pada setiap artikel blog anda. Secara default nya googlebot juga merayapi label artikel di blog anda. Letak label ini ada pada sidebar sebelah kanan dari kotak pembuatan artikel blog.

5. Hindari copy paste dan spinning tool artikel.


Jangan pernah mengisi blog anda dengan dengan artikel yang anda dapat dengan copy paste dari blog lain. Membuat artikel blog dengan cara copy paste hanya akan membuat blog anda sendiri sangat sulit ditemukan di dalam search engine. Walaupun anda copy paste artikel dari blog yang anda temui pada halaman pertama dan nomor teratas pada hasil pencarian google, akan tetap membuat blog anda terlempar jauh dalam hasil pencarian nantinya.

Termasuk juga copy paste artikel dengan menambahkan link sumber ke dalam blog anda. Mungkin masih banyak dari kita yang berpendapat bahwa copy paste artikel dengan menampilkan link sumber akan membuat blog kita di kunjungi oleh banyak visitor nantinya. Jawaban nya tidak, cara ini juga tidak akan berpengaruh baik pada posisi blog anda dalam search engine. Cara ini hanya menunjukkan bahwa anda tidak melanggar privacy dari blog lain, bukan membuat blog anda lebih mudah ditemukan dalam search engine.


Hindari juga cara spinning atau translate artikel blog yang anda temui dalam bahasa lain yang selanjutnya anda copy paste ke dalam blog anda. Cara spinning juga tidak akan berdampak baik terhadap posisi blog dalam search engine. Mulailah membuat artikel dengan hasil karya anda sendiri. Semoga bermanfaat.