Membuat blog valid html5


Artikel ini mungkin bisa menjadi sugesti buat anda untuk membuat blog anda valid html5. Setidaknya ada beberapa element penting yang perlu anda perhatikan untuk membuat blog valid html5. Karena tidak semua element yang telah disediakan itu valid html5.

Html atau HyperText Markup Link sendiri adalah sebuah bahasa markah untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi ke dalam sebuah browser internet. Html saat ini merupakan standar internet yang di definisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). Untuk lebih jelasnya tentang definisi html, anda bisa membaca di http://id.wikipedia.org/wiki/HTML#Contoh_dokumen_HTML_sederhana.

Kenapa saya harus membuat blog valid html5 ?. Pertanyaan ini sering muncul di dalam benak saya. Sedangkan situs raksasa sekelas google pun masih memiliki errors dan tidak valid html5. Setidaknya masih terdapat 23 errors dan 5 warning saat saya cek situs google di validator w3. Jawaban paling sederhana, terdapat banyak sekali jenis browser di internet mulai dari firefox, internet explorer, chrome, safari dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak browser tersebut ada satu kesamaan yaitu membaca suatu dokumen html (bahasa lainnya menampilkan halaman suatu blog atau halaman postingan blog). Jika kita ingin homepage blog kita ataupun postingan blog kita agar tampil sempurna di semua browser. Maka sudah seharusnya kita membuat blog kita valid html5.

Penting untuk anda ketahui walaupun homepage blog anda telah valid html5. Belum tentu hal itu akan membuat setiap artikel ataupun postingan valid html5 juga. Sebelumnya saya sendiri juga beranggapan kalau homepage blog seo friendly 2013 ini telah valid html5, maka otomatis seluruh postingan blog ini juga valid html5. Ternyata saya salah besar. Bisa dibilang semua artikel yang ada dalam blog ini tidak valid. Hal ini tentu saja membuat saya sangat kesal. Kenapa kesal, karena selama ini saya capek-capek membuat artikel tetapi artikel saya tersebut masih mempunyai kekurangan yang sangat mendasar, tidak valid html5.

Jadi saya putuskan mulai dari artikel ini dibuat, saya akan membuat postingan atau artikel blog saya valid html5. Jadi tidak hanya homepage blog saja, tapi seluruh postingan blog akan dibuat valid html5 (saya akan update postingan-postingan blog yang lama agar valid html5).


Structure html homepage blog yang valid html5

Lalu bagaimana susunan html homepage blog anda agar valid html5. Sesuai dengan pemahaman saya, berikut ini susunan atau structure html template blogger yang valid html5.

< ?xml version = "1.0" encoding = "UTF-8" ? >
< !DOCTYPE HTML >
< html  >
< head >

Element head yang telah disediakan oleh blogger ataupun situs layanan download template .xml disini.

< b:skin ><![CDATA[
Kode CSS (Cascading Style Sheet) anda disini.
]]>< /b:skin >
< /head >
< body >
Konten yang telah disediakan blogger atau situs layanan download template disini.
< /body >
< /html >

Hal yang harus diperhatkan agar blog valid html5

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk membuat blog ataupun postingan blog anda valid html5. Bisa jadi element-element di bawah ini membuat blog anda tidak valid html5.

1. Parse html.

Jika anda ingin pasang kode html di html template blogger anda. Terlebih dahulu parse kode  yang berkaitan seperti di bawah ini. Anda tidak perlu untuk parse semua kode html yang anda dapatkan untuk di pastekan ke dalam html template blogger anda. Cukup karakter di bawah ini saja yang harus di parse.

parse kode ini: < menjadi &lt;
parse kode ini: > menjadi &gt;
parse kode ini: & menjadi &amp;
parse kode ini: " menjadi &quot;
parse kode ini: ' menjadi &#039;

2. CSS (Cascading Style Sheet)

Penggunaan css sangat diperlukan agar membuat halaman posting blog anda valid html5. Hal ini lah yang menimpa hampir semua postingan blog saya. Hindari penggunaan < div style = ' ini atau itu ' > atau < p style = ' ini atau itu ' > karena hal ini blog anda menjadi lebih lambat saat loading dan kemungkinan besar tidak valid html5. Akan jauh lebih baik jika style yang ada di dalam div tersebut diletakkan ke dalam CSS untuk kemudian di wujudkan dalam div class.

3. Widget blogger

Untuk anda yang menggunakan platform blogger, tentunya anda tahu bahwa blogger telah menyediakan banyak macam gadget atau widget. Hal ini tentunya akan membantu anda dalam memasukkan javascript atau kode html lainnya untuk di pasang di blog anda.

Saya sangat mengapresiasi apa yang telah team blogger lakukan. Hanya saja setidaknya ada satu kelemahan yang saya ketahui dari widget yang disediakan team blogger tersebut. Kode CSS untuk box shadow, box radius tidak valid html5. Saya sangat merekomendasikan kepada anda untuk mengoptimalkan CSS dan div class saat memasukkan kode html maupun javascript kedalam blog daripada memakai widget yang di sediakan.

Untuk situs tempat untuk cek apakah blog ataupun postingan blog anda sudah valid html5 atau belum. Saya rekomendasikan anda untuk cek url homepage blog ataupun url postingan blog anda di http://validator.w3.org/. Sekali lagi cek dan ricek apakah blog anda telah valid html5 atau belum agar tampilan blog anda bisa terbuka dengan sempurna di semua browser internet. Semoga bermanfaat.
-->