Cara SEO Pengaturan Tag Header Robot


Bagi sebagian sobat blogger tentu sudah tak asing lagi yang namanya robot txt. Karena robot txt sendiri ateri khusus yang wajib dimiliki oleh seorang blogger, nah untuk memahami cara pengaturan tag header robot khusus di blog seo friendly 2013 saya ingin menjelaskan saja fitur-fitur di header robot txt ini dan sekali lagi saya tak mengharuskan sobat untuk setting robot txt.

Untuk fitur robot txt ini sendiri memang banyak yang belum tahu terutama buat sobat pemula dan sampai sekarang ini saja saya juga belum memanfaatkan fitur ini, hehehe jadi maaf kalau ada kesalahan waktu setting namun saya juga pernah mencoba di beberapa blog saya dan ini belum begitu effectif. Disini kita membahas saja fitur ini kalau memang ada yang kurang atau salah cara memahami masalah ini tolong tulis di bawah postingan agar kita semua tahu.

Untuk aktifkan fitur robot txt sobat silahkan:

1. Login ke akun blogger sobat

2. Masuk ke Setelan>Preferensi Penelusuran (jika dashboard Anda menggunakan bahasa Indonesia)

3. Kemudian pada perayap dan pengindeksan silahkan di aktifkan tag header robot khusus , Anda juga bisa mengaktifkan robots txt untuk panduan cara setting robots txt lihat artikel disini

4. Setelah itu, setting tag header robots khusus, yang meliputi 3 komponen yakni :

• Homepage blog 
• Halaman arsip dan halaman hasil pencarian 
• Halaman posting dan halaman blog

Dan pada umumnya settingan robot txt dengan manual seperti dibawah ini :

Beranda : all dan noarchive

Laman arsip dan penelusuran : noarchive, noindex dan nosnippet 

default untuk post dan laman : all

Berikut ini sedikit penjelasan tentang fitur robot text :

1. ALL : Tidak ada batasan untuk mengindeks atau melayani. catatan: direktif ini adalah nilai default dan tidak berpengaruh jika secara eksplisit terdaftar.

2. noindex : Jangan tampilkan halaman ini di hasil pencarian dan tidak menunjukkan "cached" link dalam hasil pencarian.

3. nofollow : Jangan ikuti link di halaman ini.

4. none : Sama dengan tag noindex, nofollow.

5. noarchive : Tidak menunjukkan "cached" link dalam hasil pencarian.

6. nosnippet : Jangan tampilkan potongan dalam hasil pencarian untuk halaman ini.

7. noodp : Jangan menggunakan metadata dari Open Directory project untuk judul atau potongan ditampilkan untuk halaman ini.

8. notranslate : Jangan menawarkan terjemahan dari halaman ini dalam hasil pencarian.

9. noimageindex : Jangan indeks gambar di halaman ini.

10. unavailable_after: [RFC-850 date/time] : Jangan tampilkan halaman ini dalam hasil pencarian setelah tanggal yang ditentukan / waktu. Tanggal / waktu harus ditentukan dalam RFC 850 format.

Nah dari keterangan diatas mungkin dari sobat akan sedikit tahu tentang tag header robot txt. jadi kalau sobat ingin setting fitur robot txt di blog seo friendly silahkan kalian pahami dulu keterangan diatas, mungkin hanya itu saja yang bisa aku bagikan buat sobat blogger semoga artikel ini bermanfaat buat kalian.