Verifikasi blog metode tag manager


Setelah beberapa waktu yang lalu blog seo friendly 2013 menjelaskan tentang manfaat verifikasi kepemilikan blog di gwt (google webmaster tools). Dan telah memberikan cara verifikasi blog anda di google webmaster tools dengan menggunakan metode tag html dan metode google analytics, maka kali ini saya akan jelaskan tentang cara verifikasi blog anda dengan metode google tag manager di google webmaster tools (gwt).

Mungkin selama ini, kita banyak menemukan dalam search engine google blog yang membahas tentang verifikasi blog di google webmaster tools dengan menggunakan metode html tag saja. Sedangkan verifikasi kepemilikan blog di webmaster tools menggunakan metode lainnya jarang kita temukan.

Sekedar informasi bahwa verifikasi kepemilikan anda atas blog di webmaster tools dengan menggunakan lebih dari satu metode verifikasi, membuat status kepemilikan anda atas blog tersebut menjadi lebih kuat dalam search engine google. Ini merupakan salah satu strategi seo (search engine optimization) terbaik yang bisa anda lakukan atas blog anda.

Image blog google tag manager
Image google tag manager 
Google webmaster tools menyediakan 5 metode verifikasi berbeda untuk mem verifikasi kepemilikan situs atau blog anda. Bagi anda yang telah memiliki domain sendiri untuk blog, anda bisa melakukan semua metode verifikasi yang disediakan. Sedangkan buat anda yang belum mempunyai domain sendiri (menggunakan blogspot atau wordpress), metode verifikasi yang bisa dilakukan maksimal hanya 4 metode verifikasi.

Berikut ini adalah 5 metode verifikasi yang disediakan google webmaster tools untuk memverifikasi kepemilikan kita atas blog.

1. Domain name provider
Verifikasi kepemilikan anda atas blog dengan menggunakan metode domain name provider adalah dengan cara memasukkan kode CNAME, MX records, TXT records yang disediakan webmaster tools kedalam situs anda. Metode verifikasi ini bisa dilakukan setelah anda memiliki domain sendiri atas blog anda.

2. Google analytics
Verifikasi kepemilikan blog di webmaster tools dengan cara menambahkan tracking info dari google analytics ke dalam blog anda. Bagi anda yang menggunakan blog dengan platform dari blogspot.com, anda bisa lakukan verifikasi kepemilikan blog anda dengan menggunakan metode google analytics ini.

3. HTML file upload
Verifikasi kepemilikan blog di google webmaster tools dengan cara upload data html yang diberikan oleh webmaster tools kedalam blog. Untuk lebih jelasnya akan saya bagikan artikel yang membahas verifikasi blog metode html file upload di webmaster tools ini di kemudian hari.

4. HTML tag
Verifikasi kepemilikan anda atas blog di webmaster tools dengan menempatkan kode meta tag yang telah disediakan oleh google webmaster tools (gwt) kedalam blog anda. Silahkan kunjungi halaman artikel blog seo friendly 2013 yang membahas tentang verifikasi blog di gwt metode html tag.

5. Google tag manager
Verifikasi kepemilikan blog yang menggunakan google tag manager container id kedalam blog anda di google webmaster tools. Tidak ada data yang akan diakses oleh webmaster tools untuk akun google tag manager anda.

Berikut ini adalah 2 langkah untuk verifikasi blog di google webmaster tools menggunakan metode google tag manager.

Langkah pertama anda di google tag manager
  • Silahkan anda sign in ke dalam google tag manager. Untuk sign in pergunakan email gmail yang anda gunakan pada blogger dan webmaster tools anda.
  • Pertama, anda harus membuat akun dalam google tag manager untuk blog anda. Dalam membuat akun untuk blog anda, klik new account pada tab sebelah kiri atas tampilan google tag manager anda. Silahkan lihat gambar di bawah ini.
Image google tag manager create account
Image google tag manager create account
  • Masukkan nama account anda di google tag manager, centang box share data anonymously with google and others. kemudian klik next. Lihat gambar di bawah.

  • Langkah berikutnya setup a container, di dalam box container name, masukkan nama dari container anda, saran saya masukkan nama judul blog anda, pilih web page, kemudian setting time zone, klik create account and container. Silahkan lihat gambar di bawah ini.
Image create account and container
Image create account and container
  • Berikutnya akan muncul google tag manager terms of service agreement, klik i accept. Lihat gambar
Image google tag manager tos agreement
Image google tag manager tos agreement
  • Setelah itu akan muncul kode html dari container yang telah anda buat diatas, silahkan copy kode tersebut dan pastekan dibawah kode pembuka body di dalam template blog anda.
Anda sudah berhasil menambahkan kode html dari google tag manager ke dalam blog anda, langkah berikutnya untuk verifikasi kepemilikan blog anda di google webmaster menggunakan metode google tag manager adalah sebagai berikut.

Langkah kedua di google webmaster tools
  • Sign in terlebih dahulu ke dalam webmaster tools anda.
  • Langkah berikutnya silahkan pilih blog yang baru anda tambahkan kode dari google tag manager tadi.
  • Disebelah kanan atas tampilan webmaster tools anda terdapat tombol dropdown gears silahkan klik tombol tersebut kemudian pilih verification details.
  • Klik verification using a different method 
  • Ada 5 pilihan yang disediakan webmaster tools untuk verifikasi kepemilikan blog anda seperti yang saya sebutkan diatas, silahkan anda pilih google tag manager.
  • Setelah itu klik verify di sebelah kiri bawah dari 5 pilihan verifikasi blog di webmaster tools. Silahkan lihat gambar dibawah ini.
Image verifikasi blog metode google tag manager di gwt
Image verifikasi blog metode google tag manager di gwt
  • Jika langkah anda berhasil, maka akan muncul konfirmasi dari google webmaster tools yang menerangkan bahwa anda telah berhasil verifikasi kepemilikan blog untuk url blog anda. Lihat gambar di bawah ini. Selesai 

Image webmaster tools confirmation sucseed
Image webmaster tools confirmation sucseed
Demikian verifikasi kepemilikan blog anda di webmaster tools dengan menggunakan metode tag manager. Semoga membantu.