Mengetahui pagespeed loading blog di google analytics


Anda bisa mendapatkan laporan lengkap tentang pagespeed loading dari setiap url postingan blog anda di google analytics. Selain itu google analytics juga memberikan sugesti langkah apa yang bisa anda ambil untuk meningkatkan pagespeed blog anda.

Bagaimana caranya mengetahui pagespeed loading untuk blog dan seluruh postingan blog saya ?. Pertanyaan ini pernah muncul dalam benak saya saat saya test pagespeed loading blog seo friendly 2013 ini. Memang google developer telah menyediakan halaman untuk analisa pagespeed loading blog di http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights. Tetapi bagaimana jika saya ingin analisa pagespeed loading untuk setiap postingan blog saya ?. Apakah saya harus analisa satu persatu semua url postingan blog ini di situs diatas ?. Tentunya akan sangat menghabiskan waktu saya hanya karena saya ingin mengetahui pagespeed loading seluruh isi dari blog ini.



Mengetahui pagespeed blog dari Google Analytics
Image situs developer google untuk analisa pagespeed blog



Saya baru menyadari bahwa google analytics telah menambahkan fiturnya dalam memberikan laporan pagespeed loading seluruh isi dari blog kita setelah membaca artikel yang baru di buat di bulan november 2013 dari google analytics yang dibagikan lewat google+. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi http://analytics.blogspot.com/2013/11/improve-your-websites-performance-with.html. Dibawah ini adalah gambar dari speed sugestion report di akun google analytics anda.

Mengetahui pagespeed blog dari Google analytics

Kita bisa mengetahui laporan pagespeed loading untuk setiap url dari blog dari akun google analytics. Disamping itu google analytics memberikan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan pagespeed loading blog kita. Dibawah ini adalah gambar pagespeed loading blog reports untuk blog seo friendly 2013 di google analytics.

Mengetahui pagespeed blog dari Google Analytics
Speed suggestion report for blog seo friendly 2013

Anda bisa mendapatkan laporan lengkap tentang pagespeed loading setiap url blog anda di google analytics dengan pilih sidebar sebelah kiri behaviour > site speed > speed suggestion.

Buat anda yang belum bisa melihat performa dari blog anda di google analytics. Anda bisa menambahkan tracking id google analytics ke dalam blog anda terlebih dahulu. Selain mengetahui performa dari blog anda di google analytics, anda juga bisa menghubungkan google analytics di gwt (google webmaster tools) untuk mengetahui postingan blog mana yang bisa anda kembangkan.

Selain itu google analytics juga bisa mengetahui pageview postingan blog mana saja yang termasuk dalam top landing page untuk blog anda. Kembangkan artikel blog anda yang termasuk top landing page tadi. Mengembangkan artikel blog yang populer dalam blog anda merupakan salah satu strategi seo untuk meningkatkan jumlah pageview blog anda. Semoga bermanfaat.
-->