Cara paling mudah demote sitelink


Cara paling mudah demote sitelink blog anda di google webmaster tools (gwt) yang sesuai dengan guidelines webmaster tools. Sebelum kita masuk ke dalam topik pembahasan, ada baiknya jika saya jelaskan terlebih dahulu tentang apa itu sitelink yang terdapat di google webmaster tools (gwt) menurut pemahaman saya.

Pemahaman tentang sitelink

Menurut pemahaman saya, sitelink adalah link tambahan (bisa berupa postingan blog kita ataupun informasi yang dianggap penting oleh google untuk ditampilkan buat user internet) yang muncul di bawah homepage blog anda di hasil pencarian google. Sitelink sendiri terbentuk secara otomatis dan tidak bisa kita setting secara manual.

Google akan menampilkan sitelink yang mungkin dianggap penting untuk diketahui oleh pengguna internet dalam hasil pencarian (search result). Sebagai contoh saat saya mengetik kata "blog seo friendly 2013" dalam browser google, maka hasil pencarian dari google akan menunjukkan homepage dari blog ini dengan tambahan link (sitelink) dibawahnya. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar di bawah ini dari contoh diatas.


Cara paling mudah demosite sitelink
Contoh sitelink hasil pencarian google

Seperti yang anda lihat pada contoh gambar diatas. Terdapat link tambahan url postingan blog saya (sitelink) dibawah homepage pada hasil pencarian google.

Link jenis apa saja yang biasa google tampilkan dalam sitelink blog kita

Biasanya link yang termasuk kategori top landing page (bisa berupa popular posts blog kita) ataupun link yang berisi informasi yang menurut google berguna buat pengguna internet, maka link-link tersebutlah yang akan menjadi sitelink buat homepage blog kita.


Lantas, bagaimana jika saya tidak menginginkan link tertentu dalam sitelink tersebut untuk tidak ditampilkan sebagai sitelink buat homepage saya ?. Sebagai contoh saya hanya menginginkan homepage blog seo friendly 2013 saja yang di tampilkan di google webmaster. Maka untuk menghilangkan atau menghapus sitelink tersebut saya akan menggunakan demote sitelink di google webmaster tools (gwt).


Ada 2 cara demote sitelink di google webmaster tools yang saya ketahui sesuai dengan guidlines webmaster tools adalah sebagai berikut (tidak terjadi errors).

Cara pertama demote sitelink di google webmaster tools (gwt).


1. Login terlebih dahulu ke dalam https://www.google.com/webmasters/tools.

2. Dalam homepage webmaster tools, silahkan pilih blog yang ingin anda hapus sitelink nya.

3. Di dalam sidebar sebelah kiri webmaster tools anda, silahkan pilih menu dropdown search appearance kemudian pilih sitelinks. Lihat gambar di bawah ini.


Cara demosite sitelink di webmaster tools
gambar demote sitelink di webmaster tools 

4. Untuk mengisi 2 kotak seperti diatas, perhatikan dengan seksama penjelasan saya berikut ini. Saya akan biarkan kosong pada kotak teratas (for this search result) karena saya ingin menghapus sitelink pada homepage (link tambahan yang muncul di bawah homepage blog saya seperti yang telah saya contoh kan di atas) blog saya.

Sebagai contoh saya akan menghapus sitelink postingan blog saya yang tampil di bawah homepage tentang "Template Loading Super ..."  seperti contoh gambar di atas, maka yang harus saya lakukan adalah sebagai berikut:

Copy url postingan blog anda dan pastekan di kotak nomor dua di atas (demote this sitelink url) kemudian klik demote di sebelah kanan kotak. Lihat gambar di bawah ini.

Cara paling mudah demosite sitelink
Contoh demote sitelink untuk postingan template loading cepat

Hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini setelah saya klik demote di sebelah kanan kotak.

Cara palink mudah demosite sitelink
Contoh hasil demote sitelink untuk template loading cepat

Lakukan hal yang sama seperti langkah diatas untuk demosite sitelink pada postingan atau link yang tidak ingin anda tampilkan di hasil pencarian di bawah homepage blog anda.

Cara kedua demote sitelink blog anda di google webmaster tools (gwt).

Langkah nomor 1 sampai dengan nomor 3  di atas tetap sama. Yang membedakan adalah langkah nomor 4 tentang cara mengisi url dalam kotak nomor 2 (demote this sitelink url).

4. Yang harus anda lakukan, buka tab baru browser anda, pilih google sebagai browser nya.

5. Dalam browser google tersebut ketikkan judul postingan blog yang ingin anda demote sitelinknya. Saya gunakan contoh sama seperti cara no 1 tentang postingan blog saya yang ingin di demosite. Lihat gambar di bawah ini.

Cara paling mudah demosite sitelink
Contoh hasil pencarian untuk template loading cepat
Setelah muncul hasil pencarian dari google untuk postingan blog anda seperti contoh gambar diatas, klik kanan mouse anda dan pilih copy link location saat cursor mouse diarahkan tepat di judul postingan.

6. Setelah itu kembali lagi kedalam webmaster tools anda tadi dan pastekan ke dalam kotak ke 2 (demote sitelink this url) hasil copy link location anda tadi. Lihat gambar di bawah ini.

Cara paling mudah demosite sitelink
Contoh demote sitelink template loading cepat cara ke 2
Biasanya hasil copy link location pada langkah nomor 5 di atas akan sangat panjang seperti yang bisa anda lihat pada kotak nomor 2 langkah nomor 6 di atas. Setelah itu klik demote di sebelah kanan kotak nomor 2. Hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

Cara paling mudah demosite sitelink
Hasil demote sitelink untuk template loading cara ke 2
Selanjutnya silahkan tunggu sampai google webmaster tools memberikan laporan update tentang hasil demote sitelink untuk blog anda. Perhatikan contoh di bawah setelah saya melakukan demosite sitelink untuk semua link agar tidak ditampilkan di bawah homepage blog dalam hasil pencarian google di bawah ini.

Cara paling mudah demosite sitelink
Hasil pencarian untuk blog seo friendly 2013 setelah demote sitelink
Silahkan anda pilih mana yang paling mudah di antara 2 cara saya di atas jika anda ingin demote sitelink blog anda di google webmaster tools (gwt) yang sesuai dengan panduan blogger di webmaster tools. Semoga bermanfaat.
-->