Tentang search queries webmaster tools


Blog seo friendly 2013 kali ini akan mengupas habis tentang search queries blog anda di google webmaster tools (gwt). Topik tentang search queries di google webmaster tools (gwt) saya bagikan berdasarkan apa yang telah saya pahami tentang hal tersebut di akun webmaster tools saya.

Hal ini penting untuk dipahami agar usaha anda selama ini yang ingin membuat blog anda lebih seo friendly bisa terpantau dari laporan search queries webmaster tools anda. Diharapkan setelah anda memahami dan mengetahui search queries blog anda, anda bisa mengambil langkah atau strategi seo berikutnya untuk meningkatkan traffic anda dengan cara organic (visitor datang menuju blog anda melalui search engine) sesuai dengan pedoman webmaster tools.


Untuk melihat laporan search queries di webmaster tools:
  • Silahkan login ke dalam webmaster tools anda.
  • Pilih blog yang ingin anda lihat search queries nya.
  • Di menu sebelah kiri tampilan webmaster tools anda, klik Search Traffic kemudian klik Search Queries.
Untuk bisa melihat laporan search queries ini terlebih dahulu anda harus menambahkan blog anda di webmaster tools.

Ada 2 (dua) pembahasan yang berhubungan dengan search queries blog anda di google webmaster tools (gwt), diantaranya adalah sebagai berikut:

Tentang Queries, Impressions, Clicks

Contoh search queries Blog seo friendly 2013
Sub menu search queries dari search traffic dalam akun webmaster tools anda menampilkan laporan atau data dari keyword yang diketikkan oleh pengguna internet dalam browser yang berhubungan dengan blog anda. Bisa dibilang juga search queries menampilkan data dari hasil pencarian (search result) user internet.

Anda juga bisa melihat informasi tentang halaman mana saja dari blog anda yang paling banyak ditampilkan dalam search result dan halaman blog mana saja yang paling banyak di klik oleh user dalam hasil pencarian. Selain itu dalam laporan search result webmaster tools anda juga menampilkan posisi rata-rata blog atau postingan blog anda dari setiap keyword search result.

Apa yang di maksud dari Queries, Impression, Clicks dari laporan search queries webmaster tools ?. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini.







Queries, Impressions, clicks
Queries adalah jumlah total dari hasil pencarian google (search result) dalam waktu tertentu. Anda bisa lihat jumlah total pencarian blog anda di yang berasal dari search result google dari kurun waktu yang bisa anda atur di webmaster tools. Lihat gambar diatas (di sabelah kanan tercantum periode tanggal untuk queries blog saya).

Impressions adalah jumlah total tampilan dari blog anda yang berasal dari search result google selama periode tertentu. Sebagai contoh gambar diatas tentang berapa banyak impressions atau tampilan untuk seluruh halaman blog seo friendly 2013 yang telah di tampilkan dalam search result google selama periode 27 oktober 2013 sampai dengan 26 november 2013.

Clicks adalah jumlah total pengunjung blog anda yang berasal dari search engine selama periode tertentu dari jumlah total impressions blog anda. Ada bisa mendapatkan informasi tentang berapa pengunjung blog anda yang berasal dari search engine dari informasi clicks ini.

Jumlah Queries, impression, dan Clicks blog saya di atas belum tentu akurat seperti yang di tampilkan karena webmaster tools membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengumpulkan data impressions beberapa hari sebelum tanggal 26 november 2013.

Informasi tambahan tentang:

CTR (Clicks Through Rate) adalah jumlah persentase dari jumlah total Clicks blog anda di search engine dibagi dengan jumlah Impressions dan di kali dengan 100%. Sebagai contoh CTR untuk blog seo friendly periode 27 oktober 2013 sampai dengan 26 November 2013 adalah sebagai berikut:

CTR = (Clicks : Impressions) x 100%
         = ( 5.500 : 50.000) x 100%
         = 11%

CTR blog seo friendly di atas adalah 11% yang bisa diartikan juga rata-rata 11 orang clicks halaman blog seo friendly 2013 dari sekitar 110 orang yang mengetikkan keyword tentang halaman yang berhubungan dengan blog seo friendly dan bersumber dari search engine.

Average Position adalah posisi rata-rata halaman blog yang berhubungan dengan Query atau keyword dari search result. Dari poin inilah kita bisa mengambil strategi seo untuk diterapkan dalam blog kita jika terjadi penurunan posisi blog kita dalam search engine.

Kolom search queries di webmaster tools

Setelah anda memahami tentang Queries, Impression, dan Clicks di laporan data search queries di atas, kita lanjutkan dengan kolom search queries seperti gambar di bawah ini.

Kolom tentang search queries
Anda bisa klik With Change seperti yang anda lihat pada gambar diatas. Hal ini bertujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi terhadap Impressions, Clicks, CTR, dan rata-rata posisi (Average position) halaman blog anda dalam search engine.

Anda juga bisa menghubungkan google analytics anda di webmaster tools untuk mendapatkan laporan performa blog anda yang lebih akurat tentang top landing page halaman blog anda.

Diharapkan setelah anda mengetahui setiap perubahan yang tejadi dari laporan kolom search queries di webmaster tools, anda bisa menentukan langkah dan strategi seo apa yang bisa anda lakukan agar posisi blog anda tetap dalam posisi teratas di search engine. Semoga bermanfaat.