Cara seo membuat artikel blog berkualitas


Sekarang saatnya anda membuat artikel di blog lebih berkualitas dari artikel sejenis yang terdapat di search result. Langkah ini sangat penting untuk dilakukan agar artikel baru anda bisa bersaing dengan artikel sejenis dari situs lain yang terdapat di dalam search engine. Walaupun postingan anda tergolong baru dari artikel yang membahas topik yang sama, anda tetap bisa berada dalam posisi teratas hasil pencarian google. Tidak penting apakah pagerank masih 0 ataupun N/A sekalipun, anda tetap bisa mengalahkan situs dengan pagerank tinggi di search result google.

Mungkin sebagian dari kita masih beranggapan bahwa selama ini artikel atau postingan kita tidak berada di halaman pertama hasil pencarian google adalah karena pagerank masih 0, N/A atau karena postingan masih baru. Pemahamannya tidak harus seperti itu. Walaupun nantinya rangking 1, 2 atau 3, dan umur postingan telah lama, artikel tersebut kemungkinan besar tetap tidak berada di posisi teratas search result google. Kenapa hal ini bisa terjadi ?.

Ada 2 hal yang mungkin anda lupakan sehingga membuat postingan blog anda tidak bisa bersaing dengan postingan lain yang sejenis dalam hasil pencarian google.

Artikel Original dan konten ganda.

Apakah artikel anda tersebut adalah hasil dari ketikkan dan pemahaman anda sendiri ?. Jika anda ingin artikel anda bisa bersaing dengan postingan sejenis, sudah seharusnya anda mulai membuat artikel yang murni hasil pemikiran dan pemahaman anda sendiri. Selama apa yang anda pahami tersebut tidak bertentangan dengan kebijakan yang telah di tetapkan google (misalkan anda menyebarkan pemahaman yang berkaitan dengan sara, pornografi, dll), maka artikel anda bisa tetap berkompetisi untuk menduduki tempat pertama hasil pencarian google.

Berikutnya adalah duplicate content dengan persentase tinggi di setiap halaman blog. Halaman artikel anda akan sangat sulit bersaing dengan artikel sejenis lainnya jika terdapat duplicate content yang cukup tinggi di halaman. Duplicate content yang saya maksud disini bukan hanya artikel yang anda terbitkan dengan dari hasil copy paste artikel orang lain saja. Karena hampir bisa dipastikan artikel hasil copy paste akan di takedown (di jatuhkan posisi halaman blog nya dari search result google) oleh DMCA (Digital Millennium Copyright Act) google walaupun author dari blog yang di copy paste artikelnya tidak memasang logo DMCA dalam web nya. Duplicate content yang saya maksud disini mencakup isi dari halaman body blog anda. Sebagai contoh anda menempatkan popular posts yang isinya selalu sama dan ditayangkan di hampir atau semua halaman artikel anda. Googlebot membaca ini sebagai duplicate content (karena popular posts anda tidak unik antara halaman yang satu dengan halaman yang lain dari situs anda). Jika saya tanyakan kepada anda, sudah berapa banyak content tidak unik yang anda tayangkan di seluruh halaman artikel blog anda ?. Semakin banyak duplicate content dalam satu halaman blog, akan semakin sulit halaman blog tersebut bersaing di hasil pencarian google.

Google sangat menyukai content yang unik. Yang di maksud unik disini adalah setiap halaman blog mempunyai content yang berbeda dengan dengan halaman lainnya. Jika anda hendak menampilkan popular posts. Buatlah popular post dengan ketikkan anda sendiri setiap anda menerbitkan artikel baru. Maksimalkan CSS dan div class dalam elemen html di setiap halaman blog. Saya tahu hal ini akan sangat merepotkan anda yang telah memiliki ratusan halaman artikel dalam blog anda. Tapi hasilnya akan sangat sesuai dengan perbaikan yang telah anda lakukan tersebut.

Lebih deskriptif, informatif dan tertarget.

Ada 2 alasan utama kenapa pengguna internet browsing (baik dari google, yahoo atau lainnya) dan mengetikkan kata kunci dalam mesin pencari (search engine). Pertama, pengguna internet tersebut mencari informasi (tentang berita politik, agama, kesehatan, sosial budaya, dan masih banyak lagi yang lannya). Yang kedua user browsing karena ingin mencari informasi yang bisa memecahkan masalah yang sedang di hadapinya. Coba bayangkan anda adalah seorang eksekutif muda yang sedang mencari cara agar bisa sukses dalam pekerjaan. Cara apa yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan anda. Atau anda bayangkan anda adalah seorang pelajar yang sedang mencari informasi tentang sejarah berdirinya kerajaan majapahit. Apa yang akan dilakukan oleh eksekutif muda dan pelajar tersebut saat mereka browsing di internet ?.

Mereka semua mencari informasi yang bisa memuaskan rasa ingin tahu mereka dengan tujuan informasi tersebut bisa mempermudah tugas ataupun pekerjaan mereka nantinya. Lantas apa yang akan anda lakukan sekarang setelah memahami hal ini.

Buatlah artikel anda lebih deskriptif. Jika artikel sejenis lainnya hanya membahas inti dari informasi, maka sudah saatnya anda memberikan informasi yang lebih mendetail tentang artikel yang sedang anda buat. Tambahkan informasi-informasi yang penting untuk diketahui oleh user internet. Tentukan target user anda dari judul artikel yang akan dan telah anda terbitkan.

Kesimpulan:

1. Google sangat menyukai artikel yang unik, informatif, dan deskriptif. Hindari membuat postingan blog dengan copy paste artikel hasil karya orang lain. Copy paste artikel mengakibatkan halaman artikel blog anda terlempar jauh dari urutan teratas hasil pencarian google.

2. Isi setiap halaman artikel blog anda dengan konten yang unik. Jika anda ingin menampilkan widget popular posts, maka buatlah widget tersebut berbeda di setiap halaman. Link boleh sama, tetapi anchor text dan deskripsi bisa di buat berbeda asal tetap mempunyai tingkat relevansi tinggi terhadap isi postingan.

3. Buatlah artikel blog anda lebih informatif, deskriptif dan tertarget. Berikan informasi yang mendetail dan deskripsikan artikel blog lebih akurat. Untuk siapa artikel tersebut di baca dan apakah artikel tersebut bisa memecahkan masalah user internet.

4. Lakukan sekarang dan tunggu apa lagi. Tinggalkan halaman ini dan segera menuju ke draft blogger anda untuk membuat artikel terbaru. Saya dan halaman ini akan tetap ada disini saat anda kembali nanti.