Strategi seo terbaik untuk artikel blog


Luangkan sedikit waktu anda untuk membaca strategi seo apa yang terbaik untuk blog anda di sini. Buat para blogger, bisa mendatangkan visitor atau pengunjung dari search result google merupakan suatu kebanggan tersendiri. Hal ini lah yang menyebabkan muncul istilah SEO (Search Engine Optimization) atau Optimisasi Mesin Pencari.

Sangat banyak artikel yang membahas tentang seo dalam hasil pencarian google. Hal ini mungkin saja membuat anda yang masih baru di dunia blogger atau para webmaster sekalipun terkadang bingung di buatnya. Seolah-olah tidak ada patokan pasti langkah apa yang bisa membuat artikel blog berada di posisi teratas hasil pencarian google ini.

Diri ini akan coba berbagi sedikit pengalaman yang saya miliki agar membuat artikel blog anda bisa berada di posisi teratas search result nya google. Tetaplah fokus terhadap poin-poin di bawah ini yang berkaitan dengan blog anda. Karena hal inilah yang membuat blog anda di kunjungi pengunjung yang berasal dari mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan lain sebagainya.

Artikel urutan pertama buat google.

Jika boleh meminjam istilah kedokteran, ini adalah saat-saat kritis blog anda. Sudah terbukti ribuan bahkan jutaan artikel yang terbengkalai di hasil pencarian google. Kenapa saya bilang begitu, karena ada 2 alasan utama pengunjung mendatangi blog dari search engine. Yang pertama visitor sekedar mencari informasi tentang sesuatu yang mereka butuhkan, yang kedua pengunjung mencari informasi yang bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

User internet melihat judul artikel dan deskripsi yang ditampilkan dalam hasil pencarian google. Semakin mereka menilai bahwa judul dan deskripsi inilah yang saya cari untuk masalah yang sedang di hadapi, maka semakin besar kemungkinan artikel blog tersebut di klik oleh visitor.


Google mencoba untuk memediasi 2 alasan tersebut. Google akan memilih situs mana yang paling sesuai untuk ditampilkan di urutan teratas hasil pencarian mereka.

Jangan membuat pengunjung bingung.

Salah satu hal penting lainnya adalah membuat pengunjung anda nyaman berada di blog anda. Tetap fokus pada poin satu di atas, bahwa pengunjung mendatangi halaman artikel blog anda untuk mencari informasi. Jadi informasi tersebutlah yang anda suguhkan. Tetap jaga kotak postingan blog bersih dari hal-hal yang menghalangi pandangan mata pengunjung saat membaca artikel blog anda.

Hindari penilaian buruk pengunjung saat di blog anda. Sebagai contoh anda mengisi halaman artikel blog anda dengan iklan floating, iklan pop up atau box floating follow saya, like artikel ini atau menunggu sekian ribu detik untuk menutup box ini,  dengan harapan anda akan memperoleh penghasilan yang besar atau follower ataupun likers yang banyak dari pengunjung. Jangan lakukan cara-cara ini (yang saya sebut sebagai jebakan batman). Pengunjung kemungkinan besar akan langsung menutup halaman blog anda dari browsernya. Anda telah kehilangan 1 pengunjung loyal untuk blog anda dan bayangkan lagi jika ratusan pengunjung lain bersikap sama.

Tetap jaga kredibilitas blog anda di mata pengunjung. Hindari membuat visitor anda bingung saat mendatangi blog anda dan anda pun akan mendapatkan penilaian baik dari pengunjung tersebut.

Outbound link yang berkualitas dalam artikel.

Memperbanyak inbound links memang bisa meningkatkan jumlah pageview blog anda. Tetapi ada satu hal penting lainnya yaitu outbound link. Tujuan memberikan outbound link adalah agar pengunjung menilai bahwa anda benar-benar telah melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat sebuah artikel informatif. Outbound link yang saya maksud di sini bukan menampilkan link sumber karena anda telah copy paste artikel. Sama sekali bukan itu.

Sebagai contoh anda membuat artikel tentang cara membuat blog loading lebih cepat. Pertama yang harus anda lakukan adalah membuat blog anda sendiri loading cepat. Dalam bahasa saya anda akan membunuh kredibilitas blog anda sendiri jika anda membuat artikel tentang cara membuat blog loading cepat, sedangkan membutuhkan waktu "selamanya" buat visitor untuk menunggu halaman blog anda terbuka sempurna. Setelah anda bisa membuktikan kepada pengunjung tentang artikel yang anda sajikan tersebut, sekarang saatnya anda memasang outbound link, yaitu tempat dimana anda mempelajari cara-cara tersebut misalnya, saya mempelajarinya di https://developers.google.com/speed/docs/insights/rules.

Hindari terlalu banyak memasang link luar dalam satu halaman artikel blog anda. Karena hal ini akan mempengaruhi posisi artikel blog anda dalam search engine (tetap jaga tidak lebih dari 3 outbound link).

Jumlah total link dalam satu halaman.

Hindari menempatkan link terlalu banyak dalam satu halaman blog anda. Semakin sedikit anda menempatkan link, semakin baik posisi blog anda dalam search result google. Hal ini untuk menghindari google mengindikasi halaman blog anda hanya tempat promo link dan bukan tempat memberikan informasi. Tetaplah ingat bahwa tujuan google menampilkan link dalam search result adalah untuk memberikan informasi kepada user internet. Saran saya kurang dari 50 link per halaman blog akan sangat baik buat blog anda di dalam mesin pencari.

Buat Loading blog anda secepat mungkin.

Salah satu faktor yang mempengaruhi posisi artikel blog anda dalam hasil pencarian google adalah kecepatan loading blog anda. Hindari terlalu banyak memasang images, foto, iklan ataupun script yang berasal dari pihak ketiga. Akan membutuhkan waktu tambahan buat browser untuk membuka halaman blog anda jika terdapat link yang bersumber dari luar. Saya akan coba bagikan pengalaman saya bagaimana membuat loading lebih cepat dalam kesempatan berikutnya.

Kesimpulan:

1. Buatlah artikel yang informatif dan berguna buat user internet. Jika anda membuat artikel yang menyelesaikan masalah user internet, pastikan bahwa cara yang telah anda ketik itu benar-benar berhasil buat pengunjung blog. Test terlebih dahulu, cek dan ricek lagi. Semakin banyak artikel anda yang berhasil menyelesaikan masalah user, maka semakin banyak pengunjung yang loyal mengunjungi artikel blog anda. Buat lah artikel lebih terperinci karena hal ini membuat google menilai bahwa artikel anda lah yang paling sesuai untuk ditampilkan di halaman 1 search result.

2. Buatlah judul artikel yang sesuai dengan apa yang anda bahas. Tidak harus membuat judul artikel yang wow, dahsyat atau amazing. Hal ini untuk menjaga kredibilitas blog anda di mata pengunjung. Coba bayangkan anda telah membuat sebuah judul artikel yang cetar membahana, pengunjung pun telah tertarik untuk mendatangi halaman artikel blog anda, tapi isi dari artikel blog anda tersebut ternyata biasa-biasa saja dan tidak memberikan informasi seperti yang diharapkan. Apa yang anda dapatkan kemudian anda telah kehilangan 1 pengunjung loyal buat blog anda.

Bayangkan lagi jika ada seratus atau lebih pengunjung yang memiliki penilaian yang sama terhadap satu pengunjung diatas. Apa yang anda dapatkan ?. Anda bisa menjawabnya sendiri.

3. Jangan membuat pengunjung blog anda bingung karena disuguhkan terlalu banyak tampilan, popup, link iklan ataupun gambar yang mengahalangi pandangan mata mereka dari artikel yang dicari. Jika anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan dan follower google yang banyak lewat blog. Yang pertama harus anda lakukan adalah membuat user internet mendatangi blog anda dan ijinkan mereka menilai baik blog yang anda miliki.

4. Lakukan riset dan penelitian terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk mempublish artikel blog anda. Jangan lupakan sertakan outbound link dimana anda melakukan riset tersebut.

5. Terlalu banyak link dalam satu halaman blog anda akan menurunkan posisi blog dalam search result. Tetap jaga dan tampilkan link yang seperlunya saja.

6. Google menyukai blog dengan loading cepat karena hal itu juga disukai pengunjung. Tingkatkan pagepeed loading blog anda secepat yang anda bisa untuk kepuasan user. Visitor tidak menyukai blog yang lambat loading, google pun juga tidak, sayapun tidak, dan saya yakin anda pun tidak menyukai nya.