Cara SEO Membuat Artikel Perdana di Blog Blogger


Cara membuat artikel atau postingan pertama di blog anda. Buat anda yang masih sangat awam dan pemula di dunia internet dan blogger. Membuat artikel pertama di blog bisa menjadi tantangan tersendiri buat anda. Hal ini juga pernah saya alami beberapa tahun yang lalu. Bahkan saat itu saya sudah memiliki blog blogspot sendiri, namun saya tidak bisa, tidak tahu, dan belum tahu kalau blog kita seharusnya di isi dengan artikel. Mungkin karena saat itu saya sama sekali tidak tahu fungsi-fungsi tabs yang ada di dashboard blogger. Saya kira membuat dan memiliki blog sendiri saja sudah cukup, jadi saya biarkan blog itu kosong. Sekitar 1 tahun an lebih saya baru tahu kalau blog yang saya miliki seharusnya di isi dengan artikel-artikel di dalam nya. Pengalaman yang sangat konyol bukan, tapi percayalah itu semua kisah nyata saya.

Karena itu saya membuat artikel tentang cara membuat artikel perdana di blog ini untuk pemula dan awam di dunia blogger. Harapan saya agar pengalaman saya sebelumnya tidak terulang kepada anda. Jangan sampai menunggu tahunan hanya karena anda belum tahu cara membuat dan mem publish artikel pertama di blog anda. Cukup saya saja yang mengalami nya.
Berikut ini langkah-langkah membuat artikel pertama di blog.
  • Pertama login ke http://blogger.com dan masuk ke dalam dashboard blogger anda.
  • Di sebelah kiri atas dasboard blogger, pilih gambar pensil, atau bisa juga memilih tombol yang bertuliskan New Post tidak jauh di bawah tabs pensil tersebut.
  • Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman untuk menulis artikel. Kotak besar di bawah adalah kolom isi artikel anda, dan kotak persegi panjang di atas nya adalah Judul artikel anda nanti. Tulis judul sembarang, seperti memperkenalkan diri anda di dunia maya dengan judul Halo Dunia ini adalah Postingan Pertama Saya. Untuk isi artikel mulailah mengetik 5 sampai 6 kalimat dalam 1 paragraf dan 4 sampai 5 paragraf dalam satu artikel perdana tersebut. Anda bisa mempelajari teknik SEO menulis artikel di blog yang sudah saya buat di blog ini.
  • Anda akan melihat ada deretan tombol dan fungsi diantara Judul dan kotak artikel, di sana anda bisa menyisipkan link, mengupload gambar, video, dan masih banyak lagi fungsi yang lainnya. Bereksperimen lah untuk mengenali fungsi dari masing-masing tombol tersebut.
  • Jika sudah selesai membuat artikel, sekarang anda lihat teks kumpulan tabs yang berada di samping kanan kotak artikel, beri Labels artikel anda tersebut dengan apa saja yang anda suka. Yang penting label tersebut masih berhubungan dengan isi artikel. Kemudian dibawahnya ada Schedule, Links, Location, Description [jika anda mengaktifkan deskripsi untuk blog anda], Options. Untuk saat ini pilih dulu Location dan share posisi anda saat membuat artikel tersebut.
  • Sekarang anda lihat tabs di sebelah kanan atas terdapat barisan tabs Publish, Save, Preview, dan Close. Pilih Preview terlebih dahulu untuk melihat seperti apa tampilan artikel anda di blog nantinya. Jika sudah sesuai dengan apa yang anda inginkan, Klik Publish.
  • Selesai dan anda sudah membuat artikel perdana untuk blog anda. Tips dari saya saat anda membuat artikel berikutnya adalah isi artikel harus lah berhubungan dengan topic blog anda. Jika anda membuat blog bertopik komputer, maka artikel yang di buat adalah hal-hal yang masih berhubungan dengan komputer.
Nah bagaimana, mudah bukan membuat artikel, postingan pertama di blog. Usahakan untuk membuat 1 atau 2 artikel setiap hari di blog anda agar search engine google mengenal blog anda. Untuk anda yang mempunyai tujuan untuk memonetasi blog anda. Saran saya jangan memasang script iklan apapun jika blog anda masih berumur kurang dari 6 bulan.

Jangan sibukkan diri anda dulu dengan iklan di blog, fokus dan luangkan waktu anda untuk membuat artikel. Ok sekarang saat nya anda mulai membuat artikel pertama anda. Selamat menulis artikel dan semoga kesuksesan menyertai anda semua. Sekian.
-->