Perlukah Membuat Blog Menjadi Lebih User Friendly


Perlukah membuat blog menjadi lebih user friendly ?. Apa yang di maksud dengan blog yang user friendly ?. Kriteria apa saja yang dibutuhkan sebuah blog agar menjadi ramah pengunjung atau user friendly ?. Dan apa hubungan nya blog ramah pengunjung dengan SEO ?. Pertanyaan seperti inilah yang sering timbul saat saya melihat tampilan blog dari luar negeri dan blog sahabat.

Seperti kita ketahui bersama bahwa gaya atau tampilan suatu blog adalah hak masing-masing setiap pemilik blog tersebut. Apakah mau dibuat besar, kecil, responsive, tidak responsive, gelap, atau terang, itu semua terserah pemilik blog dalam memodifikasi template. Dan kita tidak bisa mengklaim bahwa tampilan blog kita lah yang paling baik diantara yang lain.

Kali ini saya coba berbagi pemahaman saya tentang semua yang saya sebutkan diatas. Harapan saya agar informasi yang saya bagikan ini bisa sedikit menambah wawasan sahabat blogger. Tidak bermaksud menggurui dan hanya ingin berbagi. Apakah nantinya berguna buat anda atau tidak, itu semua saya kembalikan kepada anda.

Apa yang dimaksud dengan blog yang user friendly.
Masing-masing blogger mempunyai definisi sendiri tentang hal ini. Namun pada dasar nya blog yang user friendly adalah suatu blog yang mengakomodir apa yang dipikirkan oleh visitor saat berkunjung di blog tersebut. Tidak hanya berorientasi pada kepentingan pribadi pemilik blog, namun juga memikirkan apa yang pengunjung sukai saat berkunjung di blog, baik itu dari segi isi atau content, tampilan, ukuran, dan bahkan loading dari blog yang dimiliki nya.

Untuk lebih memahami tentang definisi ini, kita harus melihat kembali ke blog kita masing-masing, kita posisikan diri kita sebagai pengunjung dan bukan sebagai pemilik blog. Apakah kita sudah merasa puas dengan content blog kia, atau apakah kita sudah merasa puas dengan tampilan, ukuran, ataupun loading blog kita. Apapun jawaban nya sekarang dari pertanyaan tersebut mungkin jawaban itu juga yang ada di benak pengunjung blog.

Kriteria apa saja yang dibutuhkan untuk membuat blog lebih user friendly.
Jika mengacu pada definisi di atas, setidaknya ada 4 hal utama yang perlu diperhatikan untuk membuat blog kita lebih user friendly.

1. Isi atau content suatu blog.
Jika di dunia nyata ada saya pernah dengar "Pribadi dan karakter seseorang bisa di nilai dari apa yang dia ucapkan dan dia perbuat". Begitu juga di dunia maya, pengunjung akan menilai kita dari apa yang kita tulis di blog kita. Sebisa mungkin membuat artikel atau informasi yang banyak dicari. Sebab dari artikel tersebutlah pengunjung berdatangan ke blog kita melalui search engine.

2. Tampilan suatu blog.
Selain isi atau content, pengunjung blog kita juga memperhatikan tampilan blog. Sedangkan tampilan yang saya maksud disini seperti background warna yang kita gunakan dalam blog. Menggunakan background warna blog yang bersahabat dengan mata. Selain itu sebisa mungkin hindari pemakaian widget yang menutupi pandangan mata pengunjung dari informasi atau artikel yang dicari. Tetap jaga halaman artikel tetap bersih dan pengunjung kemungkinan akan kembali lagi ke blog kita.

3. Ukuran template blog.
Kata orang-orang size is matter, demikian juga suatu blog yang user friendly. Ukuran lebar template juga menentukan penilaian pengunjung terhadap blog kita. Selama ukuran lebar blog tetap bersahabat untuk pengunjung dari segala usia, maka selama itu blog kita dikatakan user friendly. Gunakan juga ukuran font atau huruf yang mudah dibaca oleh semua pengunjung. Tetaplah ingat bahwa pengunjung blog kita tidak hanya dari kalangan anak muda, mungkin bapak-bapak atau ibu-ibu dengan usia 40 - 50 tahun ke atas juga akan datang ke blog kita untuk mencari informasi. Sedangkan di usia tersebut (maaf) pengelihatan sudah berkurang tidak seperti saya dan anda yang masih muda.

4. Kecepatan loading blog.
Jika ingin blog kita ramah pengunjung, maka sudah seharus nya kita membuat loading blog kita menjadi lebih cepat, sebab tidak ada pengunjung yang suka jika blog yang dikunjunginya lambat loading atau membutuhkan waktu lama untuk membuka halaman blog. Perhatikan penggunaan script eksternal di blog kita. Walaupun rata-rata script eksternal sekarang berukuran kecil, namun jika kita menempatkan terlalu banyak script eksternal ke dalam blog, maka hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading blog kita.

Apa hubungannya blog user friendly dengan SEO.
Jika melihat uraian di atas, mungkin content dan kecepatan loading blog lah yang berhubungan dengan SEO. Namun terlepas dari apakah blog user friendly itu SEO atau tidak, mungkin sudah seharusnya kita membuat blog kita tampil lebih baik di mata pengunjung. Dilihat dari segi isi, tampilan, dan loading blog, mungkin ketiga faktor inilah yang membuat pengunjung memutuskan akan kembali lagi atau tidak ke blog kita.

Jadi, menurut anda sesama pemilik blog, perlukah kita membuat blog kita lebih user friendly. Saya harap anda sudah punya jawaban tentang pertanyaan tersebut. Ok demikian dulu apa yang bisa saya bagikan. Apakah informasi ini berguna buat anda ?. Saya kembalikan jawabannya ke diri anda masing-masing. Sekian dan semoga bermanfaat.